Komedian Jadi Presiden
  •   Selasa, 15 September 2020
  •  Admin

Jakarta - Volodymyr Zelensky berhasil menyita perhatian dunia. Pria yang berlatar belakang seorang pelawak ini berhasil menjadi Presiden Ukraina setelah menang dalam pemilihan umum di tahun 2019.

Zelensky memang bukan politisi ulung, bahkan dia mengumumkan diri masuk dunia politik cuma beberapa bulan jelang pemilihan umum. Di Ukraina, pria 42 tahun ini lebih dikenal sebagai pelawak di televisi.

Uniknya, sebelum menjadi presiden di dunia nyata, Zelensky lebih dulu menjadi presiden di dalam serial televisi yang dia perankan.

Dalam serial berjudul 'Servant of the People', Zelensky berperan sebagai guru sejarah yang menentang habis-habisan praktek korupsi. Kemudian masuk dunia politik dan terpilih jadi presiden.

Karakternya dalam serial televisi itu menyentuh hati rakyat Ukraina. Hingga akhirnya banyak yang memberikan dukungan saat Zelensky mengumumkan diri untuk benar-benar ikut dalam pemilihan Presiden di dunia nyata.

Kemenangan Zelensky benar-benar lembaran baru di arena politik. Bagaimana tidak, seorang politisi pemula berhasil mengalahkan presiden petahana dengan total suara 73,2% pada 21 April 2019.

Zelensky sendiri mengumumkan pencalonannya pada pemilihan umum pada 31 Desember 2018, dengan pemilihan presiden yang dilakukan pada Maret 2019. Dia mengumumkan pencalonannya pada stasiun televisi 1+1 pada acara yang dibuat Kvartal 95 untuk memeriahkan Malam Tahun Baru.

Dia menerima tanggapan yang luar biasa dari para penontonnya, karena siaran langsung hampir diputar di seluruh televisi orang Ukraina. Dalam umurnya yang tergolong muda, Zelensky melakukan kampanye dengan cara yang modern. Utamanya melalui saluran media sosial dan video di YouTube.

Lebih lengkap silahkan kunjungi : finance.detik.com