MAN 2 Brebes : Sosialisasi Pemberlajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas
  •   Sabtu, 04 September 2021
  •  Tim Humas

Dalam rangka menyambut pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas  MAN 2 Brebes mengadakan sosialisasi.  Sosialisasi Pembelajaran Tatap Muka terbatas  dilakukan kepada segenap unsur madrasah yakni siswa, guru dan karyawan serta orang tua/wali murid pada  Sabtu (4/9) secara virtual melalui zoom meeting.

Pelaksanaan sosialisasi PTM Terbatas dlakukan secara bergantian dengan 3 sesi. Sesi satu  dimulai pada pukul 09.00 s.d 10.30 WIB untuk guru dan karyawan , sesi dua  pukul 13.30 s.d 15.00 WIB  untuk wali murid kelas X MIPA, X IPS, X Keagamaan dan XI MIPA . Selanjutnya sesi tiga pukul  15.15 s.d. 16.45 WIB untuk walimurid kelas XI Keagamaan, XII MIPA, XII IPS dan XII Keagamaan

Wakamad bidang Kurikulum Syamsul Bayan, S.Pd.  mengatakan bahwa saat ini MAN 2 Brebes sudah dapat mengadakan pembelajaran tatap muka terbatas berdasarkan Surat edaran Nomor B 2733.1/DJ.I/PO.00/00.11/08/2021 tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran pada madrasah , pesantren dan lembaga pendidikan keagamaan islam pada masa PPKM Covid 19. Diperkuat dengan surat edaran Dinas Pendidikan dan Olahraga Nomor T/421/02194/2021 Tentang  pembelajaran tatap muka pada tahun 2021/2022 di masa pandemi covid 19 di Kabupaten Brebes.

‘Syarat pelaksanaan uji coba Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTM Terbatas) antara lain harus mendapat mendapat ijin dari kementrian agama, pemerintah daerah, satgas covid -19 kabupaten serta  persetujuan  komite dan orang tua /wali murid,” jelas Syamsul.

Untuk Standar Operasional Prosedur Pembelajaran Tatap Muka bagi orang tua/wali murid dan siswa disampaikan oleh waka bidang kesiswaan sekaligus wakil ketua  Gugus Covid 19 MAN 2 Brebes , Eti Sophia Wijayanti, S.Pd.

Eti menyampaikan bahwa dalam Pembelajaran Tatap Muka ada 5 (lima) standar operasional prosedur (SOP) yang harus dilaksanakan, SOP madrasah, SOP guru dan karyawan, SOP ruaang kelas, SOP orang tua/wali murid, dan SOP siswa.

´PTM terbatas kelas X, XI, XII akan dilaksanakan mulai hari Senin,  6 - 18 September 2021 dengan jumlah siswa 50 persen dari jumlah siswa tiap kelasnya, alokasi waktu 2 jam,  wajib mematuhi   Protokol kesehatan dan mendapat izin dari orang tua/wali murid. Selain itu, pihak madrasah akan semaksimal mungkin untuk melakukan pengawasan ketat dan disiplin aturan protokol kesehatan kepada siswa-siswi pada saat pelaksanaan PTM dan untuk tetap mematuhi 5M " ujar Eti.

Achmad Munawar, selaku wakil kepala bidang sarana dan prasarana menyebutkan bahwa MAN 2  brebes telah mempersiapkan semua sarana dan prasarana prokes pencegahan penyebaran Covid-19, mulai dari ruang kelas belajar, westafel tempat cuci tangan, penyemprotan disinsfektan di lingkungan madrasah serta bekerja sama dengan pihak puskesmas untuk membantu proses keamanan kesehatan siswa-siswi saat pelaksanaan PTM.

Nawar berharap berharap pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas ini dapat meningkatkan kemampuan daya pikir siswa-siswi dimadrasah serta mengajarkan sikap spritual dan psikologis anak dalam belajar dimasa pandemi ini dengan baik dan menjadikan madrasah mandiri berprestasi, "pungkasnya . ( ESW )