Sambut Dirgahayu Republik Indonesia Ke-75 MAN 2 Brebes selenggarakan Istighosah
  •   Minggu, 09 Agustus 2020
  •  Admin

Brebes - Rangkaian istighosah rutinan yang dilaksanakan sebulan sekali setiap jum’at kliwon kali ini dilaksanakan secara virtual. Untuk menunjang kegiatan istighosah virtual (Jum’at 7/08) MAN 2 Brebes menggunakan live streaming youtube, instagram dan facebook dihadiri seluruh dewan guru dan karyawan MAN 2 Brebes dengan tetap menjalankan physical distancing sesuai anjuran pemerintah. Acara terbut diawali dengan pembukaan, pembacaan ayat suci al-Qur’an, sambutan kepala madrasah, istighosah diakhiri dengan do’a.

Dalam sambutannya Kepala Madrasah, H. Lutfil Hakim, yang di wakili oleh Waka Humas Herry Bakhtiar, menyampaikan “istighosah adalah memohon pertolongan dari Allah SWT untuk terwujudnya sebuah "keajaiban" atau sesuatu yang paling tidak dianggap tidak mudah untuk diwujudkan. Kegiatan istighosah salah satu sarana pengembangan karakter peserta didik agar senantiasa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT”.

“Selain itu dalam menyambut Dirgahayu Republik Indonesia kita bermunajat bersama mendo’akan para pahlawan yang berjuang mewujudkan Indonesia  merdeka. Wabah penyakit pendemi corona sirna dan kita dapat melaksakan pembelajaran normal seperti biasanya” lanjutnya.

“Peserta didik juga harus dibekali dengan Spiritual Question untuk menghadapi dan memecahkan berbagai makna, kontrol diri, dan menggunakan hati nuraninya dalam kehidupan serta mampu memberi makna nilai ibadah kehidupannya agar menjadi manusia yang sempurna atau insan kamil agar tercapai kehidupan dunia akhirat” ungkap Eti Sophia Wijayanti selaku Waka Kesiswaan

Pelaksanaan istighosah kubro dipimpin oleh H. Sokhibi selaku pembina keagamaan. Istighosah berisi kumpulan dzikir dan doa-doa yang bertujuan untuk memohon pertolongan agar dihilangkan dari bala bencana covid-19 dan kehidupan kembali normal.. Walaupun kegiatan istighosah kubro menggunkan sistem virtual tetapi tidak mengurangi kekhusuaan dan fadhilah istighosah itu sendiri. Antusisme peserta didik dalam kegiatan istighosah kubra dibuktikan dengan komentar hadir dan komentar positif serta like dari warganet. Kegiatan istighosah kubro disaksikan lebih dari 2.000 warganet (Ety-Brebes)